Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Mengenai Kemampuan Guru Dalam Melaksanakan Dan Menyusun Program Pembelajaran

Guru merupakan sosok yang dapat membentuk jiwa dan watak peserta didik. Guru mempunyai kekuasaan dan kemampuan untuk membentuk dan membangun kepribadian anak didik menjadi seorang yang berguna bagi agama, nusa dan bangsa. 

Serta seorang guru bertugas mempersiapkan manusai susila yang dapat diharapkan membangun dirinya dan membangun bangsa dan Negara. Disebutkan bahwasanya seorang guru adalah pendidik yang professional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing, mengarahkan, melatih, menilai dan mengevalusi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar dan menengah

Dan perkembangan baru terhadap pandangan belajar-mengajar membawa konsekuensi kepada guru untuk meningkatkan peranan dan kompetensinya. Karena pada dasarnya proses belajar-mengajar dan hasil belajar peserta didik sebagian besar ditentukan oleh peranan dan kompetensi guru. Maka dari itu guru yang kompeten akan lebih mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan akan lebih mampu mengelola kelasnya sehingga hasil belajar peserta didik berada pada tingkat optimal. 

Oleh karena itu agar pembelajaran bisa berjalan secara efektif, seorang guru atau calon guru itu perlu mengetahui tentang melaksanakan program pembelajaran dan juga menyusun program pembelajaran. Dan berikut ini adalah penjelasan yang lebih terperinci mengenai hal tersebut.

Guru

Penjelasan mengenai kemampuan guru dalam melaksanakan program pembelajaran!

Pengimplementasian atau pelaksanaan program pembelajaran merupakan kelanjutan dari proses menyusun program pembelajaran. Setelah guru menyusun program pembelajaran sedemikian rupa, yang sudah sistematis dan dipercaya mampu untuk menjadikan proses belajar lebih baik, dan selanjutnya program tersebut dilaksanakan di kelas dengan objek muridnya. 

Kemudian selama satu semester program tersebut dilaksanakan, dan mungkin dari perjalanan tersebut terdapat beberapa kendala yang muncul. Sehingga peran guru disini juga harus tanggap dalam permasalahan tersebut. Guru harus segera memperbaiki dan mengambil solusi dalam permasalahan tersebut. 

Permasalahan itu bisa muncul dari berbagai hal seperti dari siswanya, media yang digunakan, strategi dan model, dan bisa juga karena faktor kondisi lingkungan kelas. Dan setelah program pembelajaran dilaksanakan selama satu semester, guru akan mengerti kekurangan apa yang harus dibenahi dalam menyusun program pembelajaran selanjutnya. Maka dari itu perlu dilakukan evaluasi terhadap program pembelajaran yang telah dilaksanakan agar program pembelajaran menjadi semakin baik dan baik lagi.

Namun ada hal yang perlu diperhatikan bahwa tidak semua guru nantinya bisa mengevaluasi dari program pembelajaran yang telah dilaksanakan, karena kemampuan guru itu juga berbeda-beda apalagi guru Sekolah Dasar (SD) yang terkadang menghendel seluruh mata pelajaran yang ada di sekolah yang bersifat umum. Dan hal itu mungkin sangat sulit untuk seorang guru mengevaluasi pembelajaran yang di ajarkan. 

Sehingga untuk itu guru harus lebih mengasah dan juga mencari sumber-sumber yang dapat dijadikan inovasi baru dalam menyusun dan melaksanakan program pembelajaran. Dan dengan berinovasi yang baru pembelajaran akan lebih tidak monoton, dan menjadi lebih menarik sehingga guru dapat berkreasi dan tentunya juga berpengaruh besar terhadap muridnya. Maksud berpengaruh besar adalah bahwa murid memang benar-benar bisa mengikuti proses pembelajaran, bersikap aktif, dan mudah menerima materi yang diberikan oleh seorang guru. 

Penjelasan mengenai kemampuan guru dalam menyusun program pembelajaran!

Guru merupakan sosok yang sangat berperan penting dalam dunia pendidikan. Guru harus memiliki skill dan juga kualitas yang baik dalam melakukan pengelolaan kelas. Agar semua kegiatan yang ada di kelas bisa berjalan sesuai dengan apa yang diharapkan. 
Salah satunya adalah kegiatan pembelajaran dimana kegiatan pembelajaran merupakan suatu kondisi yang dengan sengaja diciptakan untuk proses belajar mengajar pada peserta didik di kelas, dalam kegiatan ini sangat diperlukan peran guru untuk mencapai tujuan yang diharapkan. 

Mengingat pentingnya kegiatan pembelajaran maka seorang guru perlu merancang sebaik mungkin mengenai penyusunan pembelajaran, sehingga materi yang diberikan bisa bermanfaat bagi siswa. Dimana perencanaan atau rancangan ini merupakan proses penyusunan sesuatu rencana pembelajaran yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan belajar yang ditentukan.

Guru diwajibkan untuk merancang dan juga membuat RPP (rencana program pembelajaran) yang lengkap dan sistematis agar pembelajaran berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk aktif, serta memberikan peluang yang cukup untuk berprakarsa, kreatifitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologi peserta didik. 

Fakta ini jelas memerlukan daya dukung seorang guru untuk selalu melakukan pengembangan dalam menyusun program pembelajaran dengan berbagai strategi pembelajaran yang inovatif.

Yang mana penyusunan program pembelajaran harus disesuaikan dengan kondisi dan situasi lingkungan kelas saat itu. Karena hal tersebut juga mendukung keberhasilan guru dalam menyusun program pembelajaran. Namun bukan hanya kondisi kelas melainkan juga kondisi dari peserta didiknya. 

Dimana situasi lingkungan atau kondisi kelas itu bersifat fleksibel karena bagaimanapun keadaan atau waktu pembelajaran itu dilaksanakan akan terjadi beberapa sedikit perubahan namun hal tersebut tidak akan menjadi penyebab untuk mengganti standar program pembelajaran yang telah dibuat. Selain itu dalam pemilihan komponen-komponen pembelajaran juga harus sesuai dengan keadaannya. 

Yakni seperti pemilihan strategi, metode, model, media, dan teknik diperlukan untuk menunjang belajar siswa agar siswa lebih aktif, pembelajaran yang menyenangkan, tidak monoton, dan guru lebih enjoy dalam mengajar.

Kesimpulan

Dengan demikian itu tadi merupakan sedikit penjabaran mengenai seorang guru dalam melaksanakan dan menyusun program pembelajaran. Dimana dalam menyusun program pembelajaran seorang guru harus membuat yang namanya RPP atau rencana program pembelajaran namun, dalam pembuatan RPP itu harus terstruktur dan sistematis sehingga RPP yang digunakan sebagai landasan pembelajaran itu bisa berfungsi secara maksimal.

Dan untuk seorang guru yang melaksanakan program pembelajaran seorang guru harus memiliki wawasan yang luas. sehingga dengan kekreatifitasan seorang guru dapat menjadi faktor utama untuk lebih mudah ketika menangani masalah-masalah dalam pembelajaran. Karena dalam pembelajaran terdapat banyak sekali perbedaan yakni misalnya dari segi peserta didik ataupun lingkungan sekitar. Maka dari itu diperlukannya guru yang memiliki intelektual yang tinggi untuk menangani hal tersebut akan tetapi dengan catatan metode yang digunakan untuk menangani hal tersebut tidak keluar dari tujuan pembelajaran.